KISI - KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
JENIS SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
KURIKULUM : 2006
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT
JUMLAH SOAL : 45
BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA NO: 1- 40,
URAIAN 41 – 45
TAHUN PELAJARAN : 2016/2017
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan Kelas/ Semester
|
Konten/Materi
|
Level Kognitif
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
1
|
Mengenal diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya sehingga
menerima diri sebagaimana
menerima diri sendiri
|
X/1
|
Manusia
Pribadi yang Unik
|
Penerapan
|
Berdasarkan
teks Kitab Suci Matius 25: 14 -30, Peserta didik dapatmenyebutkan makna yang
terkandung dari perumpamaan tentang talenta dalam kehidupan sehari-hari
|
1
|
Keluhuran
Manusia sebagai Citra Allah
|
Penalaran
|
Disajikan
sebuah kasus perendahan martabat manusia. Peserta didik dapat memberi contoh
tindakan yang benar untuk menjauhkan diri dari sikap diskriminatif sesuai
dengan ajaran Gereja Katolik
|
2
|
|||
2
|
Mengenal suara hati, sehingga dapat bertindak secara
benar dan tepat
|
X/1
|
Suara Hati
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan arti dari suara hati menurut dokumen Gereja Katolik
|
3
|
|
Penerapan
|
Disajikan
dokumen Gaudium et Spes Art 16.
Peserta didik dapat menjelaskan upaya manusia di dalam membina suara hati
sesuai dengan ajaran gereja
|
41
|
|||
3
|
Mengenal Kitab Suci dan tradisi sebagai tolok ukur
|
X/1
|
Bersikap
kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan tindakan yang benar terhadap penggunaan media
teknologi
|
4
|
Kitab Suci
Perjanjian Baru
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan arti Injil
Sinoptik
|
5
|
|||
4
|
Mengenal Yesus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan
Allah
|
X/2
|
Gambaran
Kerajaan Allah pada jaman Yesus
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan arti Kerajaan Allah menurut iman Gereja Katolik
|
6
|
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan paham Kerajaan
Allah menurut para nabi sesuai dengan Kitab Suci
|
7
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menyimpulkan paham Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus
|
8
|
|||
5
|
Mengenal roh yang melahirkan, membimbing dan
menghidupkan gereja dan mengenal Allah Tri Tunggal
|
X/2
|
Peran Roh
Kudus bagi Gereja
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan buah-buah Roh Kudus dalam Galatia 5:16-26 dan contoh
penerapannya dalam hidup sehari-hari
|
9
|
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menyimpulkan alasan Gereja Katolik membuat doa syahadat para
rasul
|
10
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menyebutkan simbol turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta
|
11
|
|||
6
|
Memahami arti gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka
|
XI/1
|
Gereja
sebagai umat Allah
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menyimpulkan arti gereja umat Allah sesuai dengan ajaran Gereja
Katolik
|
12
|
|
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberi contoh/ konsekuensi
misi utama Gereja Katolik dalam dunia
|
13
|
||
7
|
Memahami fungsi dan peranan Hierarki Gereja sehingga
berpartisipasi dan bekerja sama dengan hierarki.
|
XI/1
|
Hieraki
dalam Gereja Katolik
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan susunan Hirarki Gereja Katolik
|
14
|
Kaum Awam
dalam Gereja Katolik
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menganalisis tugas dan tanggung jawab dari seorang imam
|
15
|
|||
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh peranan awam dalam tri-tugas Gereja (imam,
nabi, dan raja)
|
16
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menjelaskan warga Gereja Katolik
yang tak tertahbis
|
17
|
|||
8
|
Memahami tugas gereja yang menguduskan, mewartakan,
bersaksi, persekutuan dan melayani
|
XI/1
|
Tugas
gereja
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 5 (lima) tugas Gereja
|
18
|
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh tugas dan tanggung jawab orang beriman yang
sudah dikuduskan dalam lima Tugas Gereja (Kerygma, Koinonia, Liturgia, Diakonia,
Martyria)
|
19
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menganalisis makna gereja
yang menguduskan
|
20
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menjelaskan konsekuensi menjadi saksi Yesus Kristus di dunia
|
21
|
|||
9
|
Mengenal dan memahami hubungan Gereja dan dunia
|
XI/1
|
Hubungan
Gereja dan Dunia
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menganalisis hubungan antara gereja dan dunia setelah konsili
Vatikan II
|
22
|
Ajaran
Sosial Gereja
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan nama dokumen Ajaran Sosial Gereja yang dikeluarkan
oleh Paus Leo XIII
|
23
|
|||
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh usaha Gereja Katolik untuk mewujudkan
perdamaian dunia
|
24
|
|||
10
|
Memahami dan menghargai hidup sebagai anugrah Allah.
|
XI/1
|
Menghargai
hidup
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh tindakan
menghargai hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
42
|
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan contoh tindakan yang melanggar perintah Allah yang
kelima
|
25
|
|||
Aborsi
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan Gereja Katolik menentang tindakan aborsi
|
26
|
|||
11
|
Mengenal dan Menyadari panggilan hidupnya sehingga
mampu menentukan langkah yang tepat
untuk menjawab panggilan tersebut
|
XII/1
|
Panggilan
hidup berkeluarga
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan perkawinan menurut Kitab Hukum Kanonik (KHK)
|
27
|
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan dasar utama Perkawinan Katolik menurut KHK 1055
|
28
|
|||
Perkawinan
dalam tradisi Gereja Katolik
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan tujuan perkawinan menurut Gereja Katolik
|
29
|
|||
Perkawinan
dalam tradisi Gereja Katolik
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menganalisis sifat dari perkawinan Katolik yang monogam
|
30
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menganalisis makna dari perkawinan Katolik sebagai sakramen
|
31
|
|||
Panggilan
hidup membiara/selibat
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menyimpulkan makna hidup selibat
|
32
|
|||
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan tiga kaul yang diucapkan oleh biarawan/wati
|
33
|
|||
Panggilan
Karya/Profesi
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapatmenyebutkan makna kerja secara sosial
|
34
|
|||
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan alasan orang Katolik perlu berdoa sebelum dan sesudah
melakukan pekerjaan
|
35
|
|||
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan nilai-nilai iman Katolik yang ingin dicapai melalui
aktivitas kerja
|
36
|
|||
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh makna kerja sesuai dengan iman Katolik
|
43
|
|||
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan dua macam profesi bagi kaum selibat
|
37
|
|||
12
|
Menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama
dengan umat beragama lain atau kepercayaan lain
|
XII/2
|
Memahami
kekhasan agama-agama di Indonesia
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikankan contoh usaha Gereja Katolik dalam berdialog dengan
umat beragama lain
|
44
|
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan kekhasan Gereja Katolik
|
38
|
|||
|
Pengetahuan
|
Peserta
didik dapat menyebutkan dua sakramen yang diakui baik oleh Gereja Katolik
maupun Gereja Kristen
|
39
|
|||
Dialog
antar umat beragama dan berkepercayaan lain
|
Penerapan
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh dialog antara Gereja Katolik dengan umat
beragama lain dalam kehidupan sehari-hari
|
40
|
|||
|
Penalaran
|
Peserta
didik dapat menganalisis dokumen Gereja
Katolik tentang menghargai
kekhasan ajaran agama lain
|
45
|
Tanda kuning : kisi-kisi
khusus
mantab
BalasHapus