Minggu, 04 Maret 2018

KISI-KISI USBN KLS 12


 KISI - KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

JENIS SEKOLAH                 : SMA
MATA PELAJARAN                        : PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
KURIKULUM                       : 2006
ALOKASI WAKTU              : 120 MENIT
JUMLAH SOAL                    : 45
BENTUK SOAL                    : PILIHAN GANDA NO: 1- 40, URAIAN 41 – 45
TAHUN PELAJARAN         : 2016/2017

No.
Kompetensi Dasar
Bahan Kelas/ Semester

Konten/Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
No. Soal
1
Mengenal diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya sehingga menerima  diri sebagaimana menerima  diri sendiri
X/1
Manusia Pribadi yang Unik
Penerapan
Berdasarkan teks Kitab Suci Matius 25: 14 -30, Peserta didik dapatmenyebutkan makna yang terkandung dari perumpamaan tentang talenta dalam kehidupan sehari-hari

1
Keluhuran Manusia sebagai Citra Allah
Penalaran
Disajikan sebuah kasus perendahan martabat manusia. Peserta didik dapat memberi contoh tindakan yang benar untuk menjauhkan diri dari sikap diskriminatif sesuai dengan ajaran Gereja Katolik
2
2
Mengenal suara hati, sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat
X/1
Suara Hati
Pengetahuan
Peserta didik dapat menjelaskan arti dari suara hati menurut dokumen Gereja Katolik
3

Penerapan
Disajikan dokumen  Gaudium et Spes Art 16. Peserta didik dapat menjelaskan upaya manusia di dalam membina suara hati sesuai dengan ajaran gereja
41
3
Mengenal Kitab Suci dan tradisi sebagai tolok ukur
X/1
Bersikap kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa

Penerapan
Peserta didik dapat menjelaskan tindakan yang benar terhadap penggunaan media teknologi
4
Kitab Suci Perjanjian Baru


Pengetahuan
Peserta didik  dapat menjelaskan arti Injil Sinoptik
5
4
Mengenal Yesus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah
X/2
Gambaran Kerajaan Allah pada jaman Yesus
Pengetahuan
Peserta didik dapat menjelaskan arti Kerajaan Allah menurut iman Gereja Katolik
6

Pengetahuan
Peserta didik  dapat menyebutkan paham Kerajaan Allah menurut para nabi sesuai dengan Kitab Suci
7

Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan paham Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus
8
5
Mengenal roh yang melahirkan, membimbing dan menghidupkan gereja dan mengenal Allah Tri Tunggal
X/2
Peran Roh Kudus bagi Gereja
Penerapan
Peserta didik dapat menyebutkan buah-buah Roh Kudus dalam Galatia 5:16-26 dan contoh penerapannya dalam hidup sehari-hari
9

Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan alasan Gereja Katolik membuat doa syahadat para rasul
10

Penalaran
Peserta didik dapat menyebutkan simbol turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta
11
6
Memahami arti gereja sebagai umat Allah dan persekutuan yang terbuka
XI/1
Gereja sebagai umat Allah
Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan arti gereja umat Allah sesuai dengan ajaran Gereja Katolik
12


Penerapan
Peserta didik dapat memberi contoh/ konsekuensi  misi utama Gereja Katolik dalam dunia
13
7
Memahami fungsi dan peranan Hierarki Gereja sehingga berpartisipasi dan bekerja sama dengan hierarki.
XI/1
Hieraki dalam Gereja Katolik
Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan susunan Hirarki Gereja Katolik
14
Kaum Awam dalam Gereja Katolik
Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis tugas dan tanggung jawab dari seorang imam
15

Penerapan
Peserta didik dapat memberikan contoh peranan awam dalam tri-tugas Gereja (imam, nabi, dan raja)

16

Penalaran
Peserta didik dapat menjelaskan warga Gereja Katolik  yang tak tertahbis

17
8
Memahami tugas gereja yang menguduskan, mewartakan, bersaksi, persekutuan dan melayani
XI/1
Tugas gereja
Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan 5 (lima) tugas Gereja

18

Penerapan
Peserta didik dapat memberikan contoh tugas dan tanggung jawab orang beriman yang sudah dikuduskan dalam lima Tugas Gereja (Kerygma, Koinonia, Liturgia,  Diakonia,  Martyria)
19

Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis  makna gereja yang menguduskan

20

Penalaran
Peserta didik dapat menjelaskan konsekuensi menjadi saksi Yesus Kristus di dunia
21
9
Mengenal dan memahami hubungan Gereja dan dunia
XI/1
Hubungan Gereja dan Dunia
Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara gereja dan dunia setelah konsili Vatikan II
22
Ajaran Sosial Gereja
Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan nama dokumen Ajaran Sosial Gereja yang dikeluarkan oleh Paus Leo XIII
23

Penerapan
Peserta didik dapat memberikan contoh usaha Gereja Katolik untuk mewujudkan perdamaian dunia
24
10
Memahami dan menghargai hidup sebagai anugrah Allah.
XI/1
Menghargai hidup
Penerapan
Peserta didik dapat memberikan contoh tindakan  menghargai hidup dalam kehidupan sehari-hari
42

Penerapan
Peserta didik dapat menyebutkan contoh tindakan yang melanggar perintah Allah yang kelima
25
Aborsi
Pengetahuan
Peserta didik dapat menjelaskan alasan Gereja Katolik menentang tindakan aborsi
26
11
Mengenal dan Menyadari panggilan hidupnya sehingga mampu menentukan   langkah yang tepat untuk menjawab   panggilan tersebut

XII/1
Panggilan hidup berkeluarga
Penalaran
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan perkawinan menurut Kitab Hukum Kanonik (KHK)
27

Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan dasar utama Perkawinan Katolik menurut KHK 1055
28
Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik


Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan perkawinan menurut Gereja Katolik
29
Perkawinan dalam tradisi Gereja Katolik
Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis sifat dari perkawinan Katolik yang monogam
30

Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis makna dari perkawinan Katolik sebagai sakramen
31
Panggilan hidup membiara/selibat
Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan makna hidup selibat
32

Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan tiga kaul yang diucapkan oleh biarawan/wati
33
Panggilan Karya/Profesi
Penerapan
Peserta didik dapatmenyebutkan makna kerja secara sosial
34

Penerapan
Peserta didik dapat memberikan alasan orang Katolik perlu berdoa sebelum dan sesudah melakukan pekerjaan
35

Penerapan
Peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai iman Katolik yang ingin dicapai melalui aktivitas kerja
36

Penerapan
Peserta didik dapat memberikan contoh makna kerja sesuai dengan iman Katolik
43

Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan dua macam profesi bagi kaum selibat
37
12
Menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain atau kepercayaan lain


XII/2
Memahami kekhasan agama-agama di Indonesia
Penerapan
Peserta didik dapat memberikankan contoh usaha Gereja Katolik dalam berdialog dengan umat beragama lain

44

Penerapan
Peserta didik dapat menjelaskan kekhasan Gereja Katolik
38

Pengetahuan
Peserta didik dapat menyebutkan dua sakramen yang diakui baik oleh Gereja Katolik maupun Gereja Kristen
39
Dialog antar umat beragama dan berkepercayaan lain
Penerapan
Peserta didik dapat memberikan contoh dialog antara Gereja Katolik dengan umat beragama lain dalam kehidupan sehari-hari
40

Penalaran
Peserta didik dapat menganalisis dokumen Gereja  Katolik tentang menghargai  kekhasan ajaran agama lain
45

Tanda kuning : kisi-kisi khusus

1 komentar: